Pengertian Komputer : Komponen, Jenis, dan Fungsinya

Pengertian Komputer

Apa Itu Komputer

Pengertian komputer adalah suatu perangkat elektronik yang digunakan untuk melakukan perintah pengolahan data sesuai dengan prosedur. Sebelum memberikan perintah prosedur yang digunakan dalam pengolahan data telah dirumuskan, sehingga penggunanya bisa mendapatkan manfaat.

Komputer umumnya terdiri dari 3 komponen penyusun utama yaitu Brainware, Hardware, dan Software. Ketiga komponen tersebut memiliki pengertiannya masing-masing.

Brainware adalah seseorang yang megoperasikan atau menggunakan perangkat komputer. Brainware berperan sebagai pemberi perintah kepada komputer untuk melakukan pengolahan data. Didalam dunia nyata brainware dapat disebut dengan pengguna.


Hardware adalah komponen komputer yang berperan penting dalam membantu pengoperasian komputer, komponen ini memiliki fisik kasat mata sehingga dapat dilihat dan dipegang. Hardware juga biasa disebut dengan perangkat keras. Contoh dari komponen ini adalah CPU, RAM, Monitor, Keyboard, dan sebagainya.

Software adalah komponen pada komputer yang berperan dalam pengoperasian internal pada komputer seperti sistem operasi (OS) dan Aplikasi-Aplikasi.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai apa arti dari komputer, yaitu:

1. KBBI (Kamus Bahasa Indonesia)

Menurut kamus bahasa indonesia definisi komputer adalah alat elektronik yang digunakan untuk mengolah macam-macam data secara sistematis dan cermat. Diantaranya seperti suara, angka dan gambar.

2. Donald H. Sanders

Menurut Donlad pengertian komputer adalah sistem elektronik yang berfungsi memanipulasi data dengan cepat dan bisa menerima data secara otomatis. Selain itu juga dapat memproses data tersebut sampai menghasilkan output sesuai dengan perintah yang diberikan oleh brainware (pengguna) kepada komputer.

3. V.C Hamacher

Menurut Hamacher definisi dari komputer adalah alat penghitung yang cepat dan bersifat elektronik bisa menerima data input secara digital, dapat menyimpan data, memproses, dan menghasilkan output. Output yang dihasilkan oleh komputer berupa informasi.

Komponen Komputer

Komponen Komputer

Komponen komputer terdiri dari input, proses, dan output. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

1. Komponen Input 

Input merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai pintu masuknya berbagai tugas yang diberikan kepada komputer. Tugas atau perintah yang masuk tersebut kemudian dioperasikan oleh komponen proses. Contoh-contohnya yaitu mouse, keyboard, mini camera, scanner, dan trackpad.

2. Komponen Proses

Proses adalah komponen komputer yang tugasnya adalah mengolah dan memproses data yang masuk dan diberikan oleh pengguna (brainware) untuk ditampilkan melalui komponen output. Contoh dari komponen output adalah motherboard, RAM, dan Hardisk.

3. Komponen Output 

Setelah perintah sudah dioperasikan atau diolah oleh komponen proses, kemudian ditampilkan oleh komponen output dalam bentuk informasi. Contoh dari komponen proses adalah monitor, printer, dan speaker.

Jenis-Jenis Komputer

Jenis-Jenis Komputer
Ada beberapa jenis komputer berdasarkan ukuran, bentuk, dan fungsinya masing-masing, yaitu:

1. Komputer Dekstop

Jenis komputer ini tidak bisa dengan mudah untuk dibawa kemana-mana karena selain bentuknya yang tidak minimalis, jenis ini juga tidak hanya satu bagian. Komputer dekstop terdiri dari beberapa komponen yang terpisah yaitu CPU, Monitor Keyboard, dan Mouse.

2. Komputer Portable

Sesuai dengan namanya, jenis ini dapat dengan mudah untuk dibawa kemana-mana dan biasa digunakan untuk penelitian di lapangan. Jenis ini lebih berat dan besar daripada laptop.

3. Komputer Laptop

Siapa yang tak kenal dengan laptop, jenis komputer ini paling banyak diminati dan digunakan oleh setiap orang. Hal tersebut karena selain ukurannya yang minimalis dan mudah dibawa, laptop juga sudah meliputi didalamnya monitor, keyboard, speaker dan lain-lain.

4. Komputer Notebook

Sebenarnya ini merupakan jenis dari laptop, namun dari segi ukuran notebook lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan laptop. Biasanya notebook digunakan oleh pelajar, dosen, pengajar maupun peneliti.

Fungsi Komputer

1. Data Input

Komputer berfungsi sebagai penerima informasi atau data dari luar melalui komponen-komponen didalamnya. Sesuai dengan pengertian komputer, dimana berbagai informasi atau aktivitas masuk dan diolah sesuai perintah yang diberikan.

2. Pengolahan Data (Data Processing)

Ini adalah fungsi utama dari komputer yaitu mengolah data yang masuk dari hardware untuk kemudian dijalankan sesuai perintah brainware (pengguna). Data yang sudah diolah tadi dapat menghasilkan output berupa informasi seperti gambar, audio, teks, grafik, video dan sebagianya.

3. Penyimpanan Data

Nah... data yang masuk juga bisa disimpan untuk kemudian bisa digunakan kembali. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang sebelumnya pernah dibuat untuk digunakan ulang. Penyimpanan data dalam komputer sendiri ada dua macam, yaitu memori internal dan memori eksternal. 

4. Data Output

Selain menerima data yang masuk, komputer juga dapat menghasilan data output yang bermanfaat bagi penggunanya. Beberapa contoh dari outputnya adalah audio (suara), kertas yang sudah di print, tampilan layar dan sebagainya.

Demikian penjelasan singkat pengertian komputer, komponen, jenis-jenis, dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan Kalian.