Pengertian Handphone - Sejarah, Jenis dan Fungsinya

Pengertian Handphone

Hampir semua orang di seluruh dunia pasti tahu atau mendengar istilah handphone. Akan tetapi tidak sedikit yang mengetahui pengertian handphone, sejarah, fungsinya, dan jenisnya. Pada kesempatan ini kita akan bahas apa itu handphone, bagaimana sejarah munculnya, fungsi serta jenisnya.

Apa Itu Handphone?

Handphone adalah alat komunikasi elektronik yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana tanpa harus membawa kabel sebagai penghubung jaringannya. Nama lain handphone adalah telepon genggam, karena alat elektronik ini bisa dengan mudah kita bawa kemana mana.

Handphone dapat memudahkan setiap manusia dalam berkomunikasi dengan manusia lainnya tanpa batasan ruang dan waktu. Hal tersebut karena alat elektronik ini mempunyai kemampuan mengirimkan pesan baik berupa text, suara bahkan video hanya dalam hitungan jam, menit, bahkan detik. 

Telepon genggam atau handphone juga merupakan bagian dari gadget karena ukurannya yang relatif kecil.


Selain itu seiring dengan perkembangan zaman kini handphone mempunyai beragam fitur yang dapat menunjang berbagai kebutuhan penggunanya. Fitur-fitur yang ada pada handphone saat ini membuat handphone kini tak sekedar mempunyai fungsi sebagai alat komunikasi saja bahkan lebih dari itu. 

Zaman sekarang handphone sudah semakin canggih karena dilengkapi fitur yang dinilai dapat memanjakan penggunanya. Bagaimana tidak, dengan alat elektronik yang satu ini kita bisa melakukan banyak hal seperti menonton video, mengambil gambar dan video, mendengarkan lagu, bahkan bisa memesan makanan.

Kini handphone sudah dikenal dengan istilah smartphone atau telepon pintar. Smartphone adalah istilah yang disematkan kepada handphone karena dinilai mampu melakukan berbagai hal, sehingga manusia memberinya julukan sebagai telephone pintar (smartphone).

Kemunculan handphone di tengah-tengah manusia tidak lepas dari sejarah dibalik penemuannya. Yuk simak sejarah handphone dibawah ini:

Sejarah Handphone

Sejarah Handphone

Handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper pada 03 April 1973 pada saat dirinya bekerja sebagai karyawan Motorola. Pada saat itu martin Cooper mencetuskan ide mengenai suatu alat komunikasi kecil yang bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. 

Hal inilah yang memotivasi Martin dan timnya membuat berbagai material elektronik dapat dimasukan kedalam tempat atau alat yang ukurannya kecil. Hingga pada akhirnya dia dan timnya dibawah naungan perusahaan motorola berhasil membuat telepon genggam pertama di dunia yang memiliki bobot sekitar dua kilogram. 

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat telepon genggam pertama yaitu sebesar 1 juta USD. Telepon genggam portabel dihargai dengan $4000 atau sekitar 55 juta pada saat tulisan ini publikasikan (2021).

Tantangan yang dihadapi oleh Martin dan timnya tidak sampai disana saja, setelah itu ia mendapatkan tantangan untuk membuat fitur-fitur pendukung komunikasi lainnya. Diantara fitur tersebut adalah sistem jaringan 3MHz spektrum yang dapat terhubung ke seluruh dunia.

Setelah itu telepon genggam (handphone) semakin berkembang dari tahun ke tahun, hingga yang ada di tengah-tengah kita saat ini.

Jenis-Jenis Handphone

Jenis-Jenis Handphone

Ada beberapa jenis handphone yang perlu kita ketahui untuk meningkatkan pengetahuan kita mengenai pengertian handphone.

1. Handphone Biasa

Handphone biasa merupakan jenis handphone untuk melakukan panggilan dan pesan sehari-hari. Telepon jenis ini memungkinkan penggunanya dengan mudah membuat catatan, menyetel alarm, dan menggunakan kalkulator. Akan tetapi ponsel ini tidak menawarkan fitur-fitur canggih seperti konektivitas wifi, kamera, dan peta. Mereka bisa dibeli dengan harga yang sangat murah.

2. Smartphone (Handpone Pintar)

Ponsel pintar terdiri dari sistem operasi kelas atas yang didukung oleh prosesor. Smartphone dapat melakukan berbagai hal lebih dari sekadar telepon biasa. 

Ponsel genggam ini juga memungkinkan penggunanya untuk tidak hanya sekedar melakukan panggilan dan mengirim pesan, tetapi juga menawarkan banyak fitur menarik. 

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh hampir semua smartphone adalah penjelajahan web, kamera, game, konektivitas wifi, GPS, peta, email, platform media sosial, dan masih banyak lagi. Sehingga jenis ini tidak diragukan lagi lebih mahal daripada ponsel biasa tetapi beberapa smartphone tersedia dengan harga yang sangat wajar.

3. Handphone Konvensional

Handphone konvensional terletak di antara smartphone dan handphone biasa. Sistem operasi di handphone konvensional tidak semaju handphone biasa. Handphone konvensional memiliki layar sentuh dan keyboard Qwerty. 

Namun, ukuran dari layar sentuhnya lebih kecil dari smartphone. Meskipun demikian jenis handphone ini menawarkan banyak fitur canggih seperti kamera, peta, Bluetooth, wifi, penelusuran web, dan lainnya. Namun, telepon konvensional tidak kompatibel dengan aplikasi yang dapat diunduh dan fitur mencolok.

Fungsi Handphone

Setelah mengetahui jenis-jenis handphone selanjutnya kita mengenal fungsi handphone bagi manusia, yaitu:
1. Alat komunikasi
2. Media hiburan
3. Mengambil rekaman suara, gambar dan video
4. Menambah wawasan
5. Melakukan transaksi jual beli

Demikian penjelasan mengenai pengertian handphone, jenis, sejarah dan fungsi-fungsinya. Semoga dapat bermanfaat ya, terimakasih.