Pengertian Brainware : Komponen, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

pengertian brainware

Brainware merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk menyebut pengguna dari suatu perangkat komputer. Pada kesempatan ini kita akan bahas pengertian brainware, komponen, jenis, fungsi dan contoh dari brainware.

Pengertian Brainware

Brainware adalah seseorang yang mengoperasikan atau menjalankan suatu perangkat komputer. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia merupakan unsur penting untuk menjalankan fungsi komputer sebagaimana mestinya. Brainware juga sering disebut dengan sebutan lain yaitu user. 

Tujuan utama dari menjalankan atau mengoperasikan suatu perangkat komputer adalah untuk mendapatkan output/hasil yang diinginkan. 

Sesuai dengan namanya brainware juga merupakan otak dari berjalannya komputer, sehingga ia juga sering disebut sebagai perangkat intelektual. Tanpa adanya komponen komputer yang satu ini maka hardware dan software tidak dapat beroperasi atau berjalan sesuai fungsinya.


Dapat kita simpulkan bahwa pengertian brainware merupakan orang-orang atau kelompok orang yang menggunakan perangkat komputer untuk kepentingan tertentu.

Didalam bisnis atau suatu perusahaan istilah ini digunakan untuk seseorang atau tim yang miliki intelektual menjalankan dan mengeksplorasi jaringan informasi pada manajemen perusahaan.

Tim intelektual tersebut berperan sebagai pendorong berjalannya suatu perusahaan untuk terus berkembang di era digital ini.

Komponen Brainware

Komponen Brainware

Sesuai dengan definisi brainware secara sederhana brainware dapat dibagi menjadi beberapa komponen sesuai dengan skill dan kemampuannya menjalankan perangkat komputer. Secara umum brainware terbagi menjadi dua komponen yaitu hardware engineer, dan software engineer, berikut ulasannya:

1. Hardware Engineer

Tugas seorang hardware engineer sebagai salah satu komponen brainware adalah untuk pengembangan metode baru pada hardware komputer. Sebagai hardware engineer mereka diharuskan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan perangkat keras pada komputer. 

Tujuannya adalah untuk membuat inovasi terbaru dari suatu hardware, sehingga dapat lebih spesifik dari versi lama ke versi terbarunya.

2. Software Engineer

Komponen yang satu ini memiliki tugas untuk mengembangkan perangkat software pada perangkat komputer. Selain itu mereka juga diharuskan untuk memahami sistem jaringannya dengan tujuan untuk merancang dan menemukan inovasi terbaru pada jaringan komputer.

Jenis-Jenis Brainware

Jenis-Jenis Brainware

Untuk meningkatkan pengetahuan kita mengenai komponen ini, ada beberapa jenis brainware yaitu sebagai berikut:

1. Progammer 

Yaitu seorang yang memiliki keahlian, berperan dan menguasai suatu bahasa pemrograman pada dunia komputasi. Tugas utama seorang progammer adalah membuat atau merancang program yang dibutuhkan, sehingga dapat meningkatkan kualitas database suatu perusahaan. 

Namun, tugasnya juga bisa lebih dari itu salah satunya adalah memberikan perlindungan terhadap database dari virus yang menyerang.

2.  Teknisi Komputer

Teknisi komputer adalah orang yang memiliki keahlian dan kemampuan khusus dalam merawat, mengenali masalah, dan memperbaiki komputer. Pada bidang ini seorang teknisi dituntut untuk mempunyai pengetahuan yang matang mengenai berbagai komponen komputer.

3. Konsultan

Tugas utama dari seorang konsultan adalah memberikan nasihat atau arahan kepada klien mengenai masalah komputasi yang dimilikinya. 

Sehingga ia diharuskan untuk tidak sekadar memiliki pengetahuan yang luas saja. Melainkan juga harus pandai dalam membaca keadaan dan memberikan nasihat dan arahan yang baik.

4. Spesialis Jaringan

Spesialis jaringan adalah orang yang bertanggung jawab terhadap jaringan pada komputer. Seorang spesialis jaringan diharuskan memiliki kemampuan khusus dalam bidang jaringan komputasi.

5. Project Manager

Project manager merupakan seorang pemimpin dalam suatu project pada perusahaan atau bisnis. Hal tersebut membuat seorang project manager diharuskan mempunyai basic kepemimpinan dan bisa mengarahkan karyawan dibawahnya.

Fungsi Brainware

Fungsi Brainware

Ada beberapa fungsi brainware yang wajib untuk kita ketahui, yaitu:

1. Administrator Sistem

Brainware berfungsi sebagai administrator pada sistem komputasi, sehingga sistem didalamnya dapat berjalan dengan baik tanpa adanya masalah.

2. Mencegah Flaming Pada Sistem

Admin pada sosial media memiliki tanggung jawab dalam menjaga ketertiban diskusi di media sosial. Hal tersebut mengingat bahwa kejadian flaming atau kericuhan sering sering terjadi di media sosial akhir-akhir ini.

3. Mencegah Serangan Flooding

Flooding merupakan pengulangan suatu keadaan dimana muncul transfer data pada jaringan yang sangat banyak dan dapat menggangu kinerja dari jaringan tersebut. Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya serangan hacker seperti DOS atau DDOS. Peran dari brainware adalah untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan meningkatkan sistem keamanan pada setiap jaringan.

4. Merawat dan Memperbaiki Sistem Komputasi

Sebagaimana pengertian brainware dan perananya yaitu untuk merawat dan memperbaiki sistem jaringan komputer yang mengalami kerusakan. Biasanya hal ini dapat diakibatkan oleh beberapa sebab yaitu virus, malware dan lainnya.

5. Mengembangkan Perangkat Komputer

Fungsi selanjutnya adalah mengembangkan perangkat komputer sehingga dapat terus digunakan dan mengikuti perkembangan zaman. Sistem perangkat komputer yang terus berkembang juga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan atau masuknya serangan yang tak diinginkan.

Contoh Brainware

Contoh Brainware

Ada banyak sekali contoh brainware di kehidupan kita sehari-hari, berikut beberapa diantaranya:

1. Netter

Mungkin istilah ini sudah tidak asing ditelinga kita. Netter adalah istilah yang digunakan untuk individu, seseorang atau organisasi yang menggunakan atau menjelajah internet untuk mencari sesuatu.
Contohnya saja seseorang yang mencari kata kunci untuk informasi tertentu di mesin pencari seperti google.

2. Network System

Network system adalah jenis sistem operasi pada jaringan yang befungsi menghubungkan beberapa perangkat komputer dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Tidak hanya itu, network system atau biasa disebut sistem operasi jaringan juga berperan dalam mengelola dan menyediakan layanan.

3. EDP Departement

EDP merupakan singkatan dari electronic data processing atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai pemrosesan data elektronik. EDP adalah suatu metode yang digunakan untuk memproses data komersial. 

Contoh EDP pada bisnis atau usaha banyak digunakan untuk update stock barang, booking pesawat terbang, proses tagihan produk, transaksi perbankan, reservasi tempat dan sebagainya.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian brainware, komponen, jenis, fungsi, dan contohnya. Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai brainware, terimakasih.